Tutorial Live Streaming Pemula

Tutorial Live Streaming Pemula

Tutorial Live Streaming Pemula menjadi makin populer dengan berbagai media sosial sendiri dengan memulai memberikan dukungan feature ini.

Twitter mempunyai program streaming sendiri yang dikenali bernama Periscope. Facebook dan Instagram sendiri mengenalkan feature live di tahun akhir 2015 dan 2016.

Tutorial Live Streaming Untuk Pemula

Dengan streaming langsung, Anda dapat terkait dengan audiens Anda langsung. Untuk tahu selanjutnya mengenai streaming langsung, yok baca artikel ini!

Apakah itu Live Streaming?

Tutorial Live Streaming Pemula ialah content video yang ditayangkan langsung lewat internet di mana Anda tak perlu lakukan koreksi dan post-production. Anda perlu menghidupkan camera dan memulai merekam kapan saja Anda ingin.

Baca Juga: Langkah Aktifkan Instagram Shopping

Disamping itu, streaming langsung memiliki sifat interaktif hingga audiens Anda bisa juga langsung tinggalkan tanggapan dan reaksi sepanjang video Anda berjalan.

Bukan hanya itu, pengikut account Anda akan mendapatkan pemberitahuan setiap Anda mulai lakukan streaming langsung.

Umumnya, video-nya langsung akan disimpan hingga video-nya dapat dilihat ulangi sesudah Anda usai lakukan streaming langsung. Dengan demikian, beberapa orang yang ketinggal video Anda dapat melihat juga.

Mengapa Anda Perlu Lakukan Tutorial Live Streaming Pemula?

Streaming langsung adalah tipe konten pemasaran dan perlu dilaksanakan untuk capai sebuah goal, misalnya memberikan info ke audiens Anda dalam rupa seminar-online atau sesion Q&A.

Lakukan streaming langsung sebagai salah satunya taktik digital pemasaran Anda dapat menolong Anda untuk mencapai semakin banyak audiens dan engagement yang lebih bagus dengan pengikut Anda.

Berikut ialah beberapa argumen kenapa Anda perlu melakukan:

Untuk memberi content yang fresh

Dengan streaming langsung, Anda dapat memberi content yang fresh dan spontan. Karena content tidak dapat diedit, video “raw” atau mentah ini memberi kesan-kesan baru untuk audiens Anda. Disamping itu, dengan streaming langsung, Anda bisa juga share berita menarik misalkan ada potongan harga, promo, atau produk baru secara spontan.

Untuk Anda konten creator yang penting lakukan ulasan, streaming langsung bisa juga menolong Anda untuk memberikan content real-time. Misalkan, jika ada produk baru dan Anda perlu lakukan ulasan, Anda dapat memberikan ulasan secara cepat dan real-time.

Untuk brands, Anda dapat memakai langkah ini untuk share content yang memiliki sifat “behind-the-scene” atau dibalik monitor. Dengan membagi aktivitas dibalik monitor, Anda bisa juga jadi lebih dekat sama audiens dan konsumen Anda.

Membuat merek personality dan engagement

Tidak seperti video yang direkam dan diedit, streaming langsung bisa memperlihatkan beberapa sisi yang kurang prima. Walau banyak orang tentu ingin segala hal kelihatan prima, ketidaksempurnaan ini adalah keunggulan streaming langsung.

Ketidaksempurnaan memperlihatkan jika merek ini riil. Audiens suka menyaksikan beberapa orang riil dibalik sebuah merek dan usaha. Kekeliruan-kesalahan yang kemungkinan terjadi memperlihatkan segi manusiawi dari merek itu.

Disamping itu, dengan streaming langsung, Anda bisa juga tingkatkan engagement dan dapat melangsungkan sesion Q&A atau bertanya jawab langsung.

Audiens Anda tak perlu menanti kembali jawabnya karena Anda langsung bisa menjawab lewat video. Keterkaitan audiens ini tingkatkan penyimpanan audiens, dan membuat audiens makin memberikan dukungan merek.

Salah satunya kunci suksesnya ialah tidak untuk mengikut script. Ini dengan arah memperlihatkan segi manusia dan personality merek Anda.

Membuat merek awareness dan audiens Anda

Dengan lakukan streaming langsung, Anda bukan hanya mengundang perhatian penggemar atau pengikut yang telah ada. Tapi, Anda bisa juga mencapai audiens baru yang kemungkinan tidak dapat dilaksanakan dengan pemasaran tradisionil.

Sebuah study dari Magid mengenai konsumen di Amerika menjelaskan jika konsumen berumur 8 sampai 64 tahun berasa jika live video membuat mereka berasa up-date. Langkah ini berasa lebih authentic dibandingkan tipe pemasaran yang lain.

Streaming langsung ialah suatu hal yang dicari orang, terutamanya, dibanding dengan content tercatat atau bahkan juga video on permintaan (VOD). Riset terkini oleh Livestream.com mendapati jika dari orang yang diinterviu, 80% lebih senang melihat video langsung dari sebuah merk dibanding membaca website.

Riset yang juga sama memperlihatkan jika waktu rerata yang dihabiskan untuk melihat video langsung di hp ialah 125% semakin banyak dibanding untuk VOD, dan 1300% semakin banyak di desktop.

Ini memperlihatkan jika beberapa orang suka melihat streaming langsung. Audiens ini condong membagi content ke rekan-rekan mereka. Taktik word-of-mouth ini tentu saja membuat audience untuk Anda, dan tingkatkan merek awareness dengan tidak bisa Anda kerjakan secara sistem tradisionil.

Panduan dan Trick Live Streaming

Bagaimana? Telah berminat untuk mulai streaming langsung? Pada bagian ini, kami akan mengulas bagaimanakah cara mengawalinya.

Tentukan basis yang Anda ingin

Jika Anda mau mengawali streaming langsung, hal pertama kali yang harus Anda pikir ialah basis apa yang ingin Anda pakai. Sama seperti yang telah disebut awalnya, sebagian besar media sosial telah memberikan dukungan feature ini. Beberapa yang sering dipakai ialah Instagram Live dan YouTube Live.

  • YouTube Live

Salah satunya basis streaming langsung yang terbanyak dipakai. Dengan YouTube Live, Anda bisa juga mengintegrasi video Anda ke media sosial lain seperti Facebook. YouTube Live ada untuk desktop dan mobile.

Jika Anda ingin memonetisasinya, Anda dapat menambah ads ke live Anda walaupun tidak dianjurkan karena bisa mengusik.

  • Instagram Live

Dengan diluncurkannya Instagram Stories dan IGTV, Instagram memang memperlihatkan jika mereka ingin kuasai pasar video mobile. Dengan sejumlah fitur ini, mereka ingin engagement pemakai mereka di program Instagram bertambah.

Jika Anda ingin live lewat Instagram, Anda dapat selanjutnya simpan videonya atau langsung posting ke IGTV dan Instagram Stories.

  • Facebook Live

Facebook masih mempunyai tempat khusus di pasar streaming langsung. Pada mediao sosial facebook dapat disebut fleksibel dalam memungkinkannya pemakai untuk memakai bermacam opsi camera dan audio. Disamping itu, mereka masih mengutamakan live dalam feed Facebook dan makin konsentrasi pada content video.

Masih kerjakan penyiapan

Walau spontanitas adalah daya magnet streaming langsung, masih ada baiknya kalau Anda menyiapkan banyak hal:

  • Atur agenda

Bila Anda lakukan live dan cuman sedikit ada orang yang melihat, masih teruskan video Anda. Yakinkan jika Anda mengawalinya Anda seperti agenda. Tidak boleh kecewakan beberapa orang yang telah menanti dan ada on time.

  • Siapkan sesion bertanya jawab

Sepanjang presentasi resmi, ada sesion bertanya jawab di mana audiens bisa ajukan pertanyaan dan pembicara menjawab. Tiap streaming langsung memang tidak jadi presentasi resmi, tapi Anda perlu tetap mengelola waktu untuk jawab pertanyaan dan diskusi dengan audiens.

  • Jangan awasi waktu streaming langsung Anda

Jika Anda memang mendapatkan beberapa pertanyaan menarik dari audiens Anda, tidak ada kelirunya Anda meneruskan dialog. Apa lagi bila pertanyaan mereka bawa nilai lebih buat audiens Anda. Anda dapat tingkatkan engagement dengan content yang lebih menarik dan informatif.

Promokan moment streaming langsung Anda

Sama dengan moment perusahaan yang lain, janganlah lupa untuk mempromokan moment Anda. Kira moment streaming langsung Anda sebagai pertemuan situs yang paling berprestise. Tentukan topik yang Anda pikir bisa mengundang beberapa orang untuk melihat.

Undang pembicara yang ahli di topik itu dan dapat tarik perhatian audiens Anda. Dengan mengundang pembicara yang bagus, Anda dapat memberikan nilai plus untuk mereka yang melihat.

Lalu, tidak ada kelirunya Anda lakukan digital advertensi lewat media sosial untuk cari peserta sebanyaknya dengan mempromokan topik dan siapa pembicara yang akan datang.

Beri content terbatas untuk pesertanya

Salah satunya langkah untuk cari peserta yang tersering dilaksanakan dengan tawarkan mereka bermacam content terbatas. Ini dapat berbentuk:

  • Informasi dari ahli yang jarang-jarang diulas di luaran sana
  • Resources yang dapat mereka peroleh atau unduh bila mereka lakukan register
  • Informasi yang cuman dapat didapat bila mereka lakukan register
  • Diskon khusus untuk pembelian produk untuk peserta streaming langsung

Masih banyak hal yang lain dapat Anda pasarkan untuk mengundang perhatian beberapa orang supaya ingin tergabung dan melihat video Anda.

Simpulan

Di artikel ini, kami telah mengulas mengenai streaming langsung dan kenapa Anda perlu melakukan. Disamping itu, kami juga mengulas trik dan tips yang dapat Anda kerjakan untuk mengawali streaming langsung.